Saturday, September 5, 2015

Alasan di Balik Perubahan Logo Google

Posted By: Unknown - 9:49 PM

Share

& Comment

Google kembali merubah logonya pada hari selasa kemarin, Logo yang sekarang ini merupan logo ketujuh sejak perusahaan itu dibuat pada tahun 1998. Banyak yang bertanya-tanya apakah maksud dari google merubah kembali logonya.

Menurut keterangan yang diberikan pihak Google, Perusahaan ini membutuhkan bahasa visual yang baru dan dinamis, ini didasari dari perilaku pengguna masa kini. Seperti yang kita ketahui, layanan dari Google kini tidak hanya ada buat pengguna desktop saja, melainkan juga untuk pengguna mobile, dan yang terbaru adalah wearable gadget (Android Wear).

Pergeseran tren perangkat yang dipakai oleh pengguna internet itulah yang menjadi dasar Google mengganti logonya. Seperti yang ditulis lewat blog resmi Google, "Kalau dulu orang menjelajah dunia internet dengan memakai PC, kini mereka sudah banyak beralih ke perangkat mobile atau gadget lain, bisa berupa TV, arloji pintar, atau dashboard mobil."

Font logo Google menggunakan tipe Sans Serif dengan warna yang tetap dipertahankan oleh Google. Titik-titik warna-warni dipakai untuk mencerminkan layanan yang interaktif, berguna, dan menggambarkan momen transisi dalam tubuh Google.

Logo Google kini memiliki karakter yang sederhana dan ramah. Kualitas tersebut digambarkan lewat bentuk geometri matematis yang digabungkan dengan kesederhanaan yang terdapat dalam buku-buku pengenalan alfabet untuk anak-anak.

Perubahan logo tersebut sebetulnya sudah direncanakan oleh tim Google pada awal tahun ini. Logo google ini diciptakan oleh perusahaan desain New York termasuk tim Creative Lab dan tim Material Desain.

Mereka ditugaskan untuk membuat logo baru yang oleh Google dideskripsikan dalam empat poin, yaitu logo yang dihasilkan harus bisa dipakai di semua ukuran perangkat, logo yang menggambarkan interaksi dinamis dengan penggunanya, logo yang dapat memberikan konsistensi terhadap penggunanya, serta logo yang bisa mengenalkan brand Google bahwa itu adalah interaksi pengguna saat ini juga sedang berubah.

Bukan hanya logo utama saja yang diubahnya, namun logo yang digunakan layanan-layanan Google lain seperti Gmail, Gooogle Maps, dan Google Search juga diubah tim Google.

About Tomelacr

Tomelacr merupakan sebuah majalah online yang menyajikan berbagai trik dan tips menarik, serta manyajikan berbagai berita menarik lainnya yang dapat menambah wawasan. Tomelacr terbentuk sejak tahun 2011 silam.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 TOMELACR™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.